Diet Nutrisi Pada Hipertensi

Berita Terbaru Diantara Anda ada yang mengalami penyakit hipertensi? Hipertensi atau yang sering disebut orang Jawa dengan penyakit tekanan darah tinggi ini merupakan sebuah kondisi medis kronis dimana tekanan arteri jadi meningkat.

Apa yang menjadi penyebab hipertensi? Ada beragam faktor yang menjadi penyebab hipertensi. Diantaranya karena terlalu sering mengonsumsi makanan yang tinggi kadar natrium dan kaliumnya, kurang dapat membagi waktu untuk istirahat, serta juga karena efek dari penyakit kronis lainnya. Tentu penyakit ini kurang menyenangkan bagi siapa saja dan mengenai cara meminimalisir kambuh dan cara mengatasinya Anda bisa mencoba melakukan diet nutrisi pada hipertensi. Seperti apa diet nutrisi pada hipertensi ini?

Diet Nutrisi Pada Hipertensi

Diet Nutrisi Pada Hipertensi
Diet nutrisi pada penderita penyakit hipertensi yang bisa dilakukan yaitu dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan mengonsumsi sayur serta buah yang baik untuk penderita hipertensi. Diet nutrisi yang juga disarankan untuk penderita hipertensi yaitu senantiasa mengonsumsi kalsium, mengurangi karbohidrat dan protein yang berlebihan serta selalu makan dengan porsi yang kecil.

Jangan lupakan juga diet nutrisi pada hipertensi yaitu dengan diet rendah garam. Garam yang dimaksud ini yaitu garam natrium. Biasanya garam ini digunakan untuk memasak sehari – hari yaitu garam dapur. Dan beberapa bahan makanan lain yang didalamnya juga terdapat kandungan natrium yang cukup tinggi seperti soda kue, natrium benzoat, baking powder dan juga vetsin. Karena itu ada baiknya penderita penyakit hipertensi menyeimbangkan asupan yang dikonsumsi dengan mengurangi makanan – makanan yang tinggi kandungan natrium tersebut. Ada baiknya penderita hipertensi juga tahu berapa asupan natrium perhari yang aman untuknya. Sebagai informasi, asupan natrium perhari yang boleh dikonsumsi oleh penderita hipertensi yaitu sebanyak 5 sampai dengan 6 gram sehari. Sementara di Indonesia memang asupan natrium tergolong tinggi bahkan mencapai 40 gram perhari. Tentu saja ini menyebabkan masyarakat Indonesia memiliki kemungkinan besar untuk menderita penyakit hipertensi.

Bagi penderita hipertensi, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi dalam melakukan diet rendah garam. Syarat – syaratnya yang harus dipenuhi dalam diet rendah garam diantaranya kecukupan energi, protein vitamin, mineral dan juga harus memenuhi kebutuhan serat serta air. Darimana bisa mendapatkan kecukupan serat dan air? Anda bisa konsumsi air 8 gelas perhari dan kemudian dibantu dengan konsumsi buah pepaya, pisang atau konsumsi sayur – sayur yang tinggi kandungan seratnya. Penderita hipertensi dalam diet nutrisi hipertensi tentunya harus tahu juga akan kesesuaian jumlah natrium dengan beratnya yang tidak sesuai dengan retensi garam ataupun air. Syarat penting dalam menunjang keberhasilan diet nutrisi pada hipertensi yang perlu dilakukan yaitu sadar dan disiplin.

Demikian sedikit informasi yang kali ini bisa kami berikan untuk Anda. Semoga informasi diatas mengenai Diet Nutrisi Pada Hipertensi bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *