Diet Nutrisi Pada Penyakit Gastritis

Berita Terbaru Gastritis merupakan sebuah kondisi dimana lambung mengalami kerusakan. Gastritis yang menyerang lambung sendiri ada dua macam yaitu gastritis akut dan juga gastritis kronis. Penyakit gastritis akut sebenarnya merupakan kondisi akut dari organ lambung manusia dan biasanya gastritis ini hanya terbatas menyerang muklosa dan pada umumnya juga terjadi tanpa ada yang tahu soal penyebabnya. Lalu bagaimana dengan gastritis kronis?

Untuk gastritis yang tipenya kronis merupakan reaksi tubuh kepada mikroorganisme serta juga terhadap benda asing yang biasanya gastritis kronis ini ditandai dengan panas, nyeri, gangguan organ tubuh serta juga bengkak pada organ lambung. Lalu apakah wajar penyakit gastritis?

Tak ada penyakit atau kondisi tubuh mengalami gangguan itu tergolong wajar. Kita harus segera mengatasinya karena kalau tidak juga dapat menyebabkan penyakit kanker lambung. Sehubungan dengan cara mengatasinya selain mengonsumsi obat Anda juga dapat mengatasinya dengan diimbangi diet nutrisi pada penyakit gastritis. Anda ingin tahu seperti apa diet nutrisi pada penyakit gastritis yang sangat disarankan?

Diet Nutrisi Pada Penyakit Gastritis

Diet Nutrisi Pada Penyakit Gastritis
Diet yang dilakukan pada penderita penyakit gastritis bisa dikatakan juga sebagai diet lambung. Seperti apa prinsipnya dari diet nutrisi pada penyakit gastritis ini? Diet ini memiliki sebuah prinsip yaitu libitium. Artinya diet nutrisi pada penyakit gastritis bisa dilaksanakan dengan disesuaikan kehendak pasien. Ada beberapa cara diet nutrisi pada penyakit gastritis yang sangat disarankan. Seperti apa sajakah caranya?

Penderita penyakit gastritis sangat disarankan untuk konsumsi makanan secara teratur, tak boleh kenyang yang berlebihan dan lapar yang berlebihan. Jadi diet nutrisi pada penyakit gastritis bukannya mengurangi porsi makan akan tetapi mengalihkan makanan tidak sehat menjadi makanan yang banyak mengandung nutrisi.

Penderita penyakit gastritis dalam diet nutrisi pada penyakit gastritis harus konsumsi makanan yang mengandung cukup kalori serta juga protein. Makanan yang harus dikonsumsi pada diet nutrisi penyakit gastritis harus mudah dicerna dan juga mengandung serat yang berlebihan. Selain itu dalam diet nutrisi pada penyakit gastritis tidak boleh mengonsumsi makanan yang terlalu dingin atau makanan yang terlalu panas.

Selain memperhatikan diet nutrisi pada penyakit gastritis, Anda juga perlu memperhatikan beberapa pantangan makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita penyakit gastritis supaya diet yang Anda lakukan juga menuai hasil nantinya. Apa saja pantangan makanan penderita penyakit gastritis?

1.Makanan yang diolah dengan digoreng
Contohnya seperti gedang goreng, tempe goreng, keripik kentang goreng dan semua makanan yang pengolahannya digoreng harus segera dijauhi oleh penderita penyakit gastritis karena tidak aman bagi kesehatan pencernaan penderita penyakit gastritis.

2.Susu olahan yang kadar lemaknya tinggi
Susu memang baik untuk kesehatan akan tetapi semua makanan yang diolah dari bahan susu olahan dan didalamnya terdapat kandungan lemak yang tinggi harus segera dihindari oleh penderita penyakit gastritis.

3.Makanan berbahan cokelat
Cokelat juga merupakan sebuah makanan yang menjadi pantangan dari penderita penyakit gastritis karena didalamnya terdapat kandungan kafein dan juga kandungan stimulan lain yang dapat memicu kadar asam didalam lambung akan naik sepenuhnya.

Demikian sedikit informasi yang bisa kami berikan. Jadi sekarang jaga selalu kesehatan Anda. Semoga informasi diatas mengenai Diet Nutrisi Pada Penyakit Gastritis bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *